Kamis, 14 Mei 2015

Kerajaan Islam di Indonesia

Kerajaan Samudra Pasai

  Sebagai kerajaan Islam tertua di Nusantara, kerajaan ini punya banyak peninggalan.. diantaranya Lonceng Cakra Donya, Hikayat Raja-Raja Pasai, dan Makam Sultan Malik as-Saleh.

Kerajaan Aceh Darussalam

Mungkin kalian sudah tahu tentang seorang penulis kitab terkenal bernama Nuruddin ar-Raniri.. Nah, Nuruddin ar-Raniri itu adalah penulis salah satu kitab yang menjadi peninggalan terkenal Kerajaan Aceh, yaitu Bustanussalatin.

Kerajaan Demak
 
Kerajaan Demak adalah kerajaan Islam pertama di Jawa. Sampai sekarang masih ada peninggalan kerajaan ini yang berdiri dengan kokoh, yaitu Masjid Agung Demak dengan Saka Tatal (empat tiang penyangga) nya.

Kerajaan Banten

Kerajaan ini sebenarnya adalah bagian kerajaan Demak. Kerajaan ini mulai menjadi mandiri setelah wafatnya Sultan Trenggono. Peninggalan kerajaan ini adalah sepasang meriam Ki Amuk dan Si Jagur.

Kerajaan Cirebon

Kerajaan ini juga merupakan bagian dari Kerajaan Demak yang akhirnya menjadi sebuah kerajaan sendiri. Peninggalannya antara lain Keraton Kacirebonan dan Masjid Sang Cipta Rasa.

Kerajaan Mataram Islam

Kerajaan adalah pendahulu dari Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Peninggalan yang terkenal dari kerajaan ini salah satunya adalah Keraton Kesultanan Yogyakarta.

Kerajaan Ternate

Kerajaan ini menjadi pusat islam di Maluku sejak masa Sultan Marhum. Peninggalan yang terkenal salah satunya yaitu Al-quran dari kulit kayu.

Kerajaan Tidore

Kerajaan ini pada mulanya adalah salah satu kerajaan di Maluku yang sering berselisih dengan Kerajaan Ternate, Jailolo, dan Bacan. Peninggalannya yang terkenal yaitu Keraton Tidore.

Kerajaan Gowa-Tallo

Kerajaan ini memiliki seorang raja yang terkenal atas perlawanannya yang gigih terhadap Belanda yaitu Sultan Hasanuddin, yang lebih dikenal sebagai "sang ayam jantan dari timur". Peninggalan kerajaan ini yang terkenal ialah Benteng Somba Opu dan Fort Rotterdam

Kerajaan Bone

Kerajaan ini resmi menjadi kerajaan Islam pada masa pemerintahan La Maderemueng. Peninggalannya adalah pusaka kerajaan, diantaranya Sembangengpulaweng (selendang emas)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar