Senin, 12 Januari 2015

Nenek Moyangku Seorang Pelaut, PART 1


Lautan, hamparan biru luas yang sejauh mata memandang hanya terlihat air,air dan lagi-lagi, air. Pada masa lalu dimana belum ada radar, sonar, GPS, dan alat canggih lainnya, laut merupakan sebuah misteri yang besar, karena tidak ada yang tahu apa yang ada di ujungnya, dan apa yang akan menghadang saat berlayar diatasnya.


Namun, masih ada para pelaut pemberani yang dengan gagahnya berlayar menembus ombak badai di lautan lepas. Para pemberani ini punya beragam alasan untuk menjelajah lautan, ada yang ingin mencari "Dunia Baru", ada yang berlayar dalam ekspedisi sebuah kerajaan, ada pula yang ingin mencari harta karun yang tersembunyi entah di mana di suatu tempat di tengah lautan. Terlepas dari apapun tujuan mereka, mereka tetaplah orang-orang hebat yang berani melawan rasa takut mereka untuk menjelajah lautan yang misterius.

Berikut ini adalah beberapa nama pelaut hebat yang berhasil mencatatkan sejarah.. CEKIDOT!

1. Leif Erikson
Nah, Leif Erikson ini adalah seorang penjelajah yang kemungkinan besar lahir di Islandia pada tahun 970 M. Nah, menurut sumber-sumber yang gua baca nih, Leif Erikson ini adalah penemu daratan yang dia kasih nama Helluland (Baffin Island), Markland (Teluk Labrador), dan Vinland (Newfoundland)Ketiga daratan ini ada didaerah Canada.. Karena itulah,dia disebut sebagai orang eropa pertama yang bisa mencapai daratan Amerika Utara.. Dia sampe di daratan Amerika Utara nyaris 500 tahun sebelum Christoper Columbus. Bahkan di Amerika, setiap tanggal 9 Oktober diperingatin sebagai hari Leif Erikson. Behh.. hebat banget kaan?

2. Cheng Ho
Kalo yang ini, dia adalah laksamana kepercayaan Kaisar Yongle dari Dinasti Ming di China. Nama aslinya adalah Ma He. Dia lahir di Yunnan,China dari sebuah keluarga muslim bermarga Ma. Cheng Ho pernah memimpin 7 kali ekspedisi ke daerah Laut Hindia. Dalam ekspedisinya, Indonesia menjadi salah satu daerah yang dikunjunginya. Namun, setelah Kaisar Yongle wafat, penerusnya yaitu anaknya menghentikan seluruh ekspedisi Cheng Ho, dengan demikian berakhirlah tugasnya. Cheng Ho meninggal pada 1433 atau 1435, jasadnya dimakamkan di laut. Meskipun pada 1985 sebuah kuburan muslim dibangun untuknya. Kuburan itu berisi pakaian dan pelindung kepalanya.

3. Roald Amundsen
Berkas:Nlc amundsen.jpgManusia pertama yang mencapai kedua Kutub Utara dan Selatan, itulah pencapaian yang berhasil dilakukan oleh Roald Amundsen, seorang pria berkebangsaan Norwegia
yang dibesarkan di lingkungan keluarga pemilik kapal. Petualangannya terinspirasi dari petualangan Fridtjof Nansen meyebrangi Greenland pada 1888. Roald Amundsen mencapai Kutub Utara pada 14 Desember 1911, dan mencapai Kutub Selatan pada 1926. Pada 18 Juni 1928 ia terlibat dalam misi penerbangan penyelamatan di daerah Artik. Inilah misi terakhirnya, sebab pada tanggal itulah pesawat yang ditumpanginya diduga menabrak sesuatu saat terjebak didalam kabut.

4. Abel Tasman
Dialah orang eropa pertama  yang mencapai Pulau Van Diemen (Tasmania),Selandia Baru dan Fiji. Abel Tasman juga merupakan anggota VOC. Dia berlayar dari Texel  ke Batavia pada 1633. Dia menemukan Pulau Van Diemen pertama kali pada 24 November 1642. Pulau itu dinamai sesuai nama Antonio Van Diemen, Gubernur Jendral Hindia Belanda saat itu. Pada 13 Desember 1642 dia menemukan Selandia Baru. Kapalnya mengalami penyerangan oleh suku Maori. Dalam perjalanan pulang ke Batavia, kapalnya nyaris karam di daratan Fiji. Meskipun begitu, dia berhasil mencapai Batavia dengan selamat pada 15 Juni 1643. Dia menghabiskan sisa hidupnya di Batavia dan meninggal di Batavia pada 10 Okober 1659.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar